Workshop Pengelolaan Potensi Desa Digelar di Desa Linggasari

workshop gerakan desa membangun untuk pengelolaan potensi desa di linggasari banyumas

Desa Linggasari menjadi tuan rumah workshop pengelolaan potensi desa, Sabtu (30/1). Puluhan desa di wilayah Banyumas dan Cilacap mengikuti acara ini, seperti Desa Kalibagor, Wlahar Wetan, Kalicupak Kidul, Melung, Karangnangka, Dawuhan Wetan, Beji, Linggasari, Pangebatan, Kalisari, Karanggayam, Dermaji, Cingebul, Canduk, Ajibarang Kulon, Gentasari, dan Sidamulya. Mereka membahas strategi pengelolaan potensi desa untuk menumbuhkan ekonomi di wilayah perdesaan.

Desa Linggasari mempresentasikan budidaya bengkowang yang dikembangkan warganya. Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran, Banyumas, bengkowang sudah menjadi salah satu icon desa. Mereka berbagi cara budidaya bengkowang, mulai dari penyiapan lahan, pembibitan, cara tanam, pemeliharaan, pemberantasan hama, pemanenan, dan pemasaran. Presentasi tersebut mendapat sambutan hangat dari para peserta yang hadir.

Selanjutnya, setiap desa berbagi potensi maupun produk unggulan mereka. Kalisari berbagi tentang pengolahan limbah tahu untuk biogas. Tahu Kalisari, Cilongok, merupakan komoditi unggulan desa dan Kabupaten Banyumas. Awalnya, limbah tahu menimbulkan masalah di masyarakat. Setelah ada instalasi pengolahan limbah menjadi biogas, masalah itu berubah menjadi berkah.

Dokumentasi Desa Beji (http://beji.desa.id)
Dokumentasi Desa Beji (http://beji.desa.id)

Workshop ini dihadiri oleh tenaga ahli dari Kementerian Desa, Sutardjo Ps. Dia berbagi kebijakan kementerian terkait dengan tata kelola potensi desa. Kehadiran Sutardjo memberikan kejelasan sejumlah kebijakan kementerian yang dianggap tumpang-tindih oleh desa. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh pemerintah desa untuk berkonsultasi tentang perencanaan pembangunan, mekanisme penganggaran, dan tata kelola keuangan desa.

Peserta juga mencoba mengunggah konten web melalui fasilitas antarmuka yang ramah pada telepon pintar (smartphone). Teknik ini memudahkan para admin web desa untuk mengelola konten dari genggaman.

admin

Admin Desa Membangun

5 Replies to “Workshop Pengelolaan Potensi Desa Digelar di Desa Linggasari

  1. pengin gabung di acara-acara kayak gini nih, bangun desa nusadadi
    saya asli dari desa nusadadi kecamatan sumpiuh kabupaten banyumas, desa nusdadi yang mayoritas mata pencaharian pertanian budidaya padi, namun karena di dataran rendah jika hujan sering banjir dan kemarau kekeringan sampe berlubang (lungka)

    namun dari kekurangan itu bisa menjadi potensi desa nusadadi yang dikelilingi sungai dan menghasilkan banyak ikan terutama ikan kating yang harganya murah 1000-2000 /kg kami jadikan kating krispi/ kripik kating,
    sekiranya ada teman-teman disini yang berminat untuk bebagi sharing dengan masyarakat desa nusadadi untuk menggali potensi yang ada di desa nusadadi untuk dikembangkan lagi dan dapat mensejahterakan warga nusadadi khususnya dan warga sekitarnya.
    jika ada teman-teman ada yang bisa memberikan informasi kegiatan-kegiatan bisa dikirimkan ke email saya surisuriyah6@gmail.com atau no hp 085316133162
    terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *