Video Musdes Wlaharwetan Jadi Bahan Ajar Pelatihan Pratugas Tenaga Ahli Kabupaten

Video Dokumentasi Musyawarah Desa di Desa Wlaharwetan, Kalibagor, Banyumas menjadi bahan ajar Pelatihan Pratugas Tenaga Ahli Kabupaten di Surabaya pada 1-10 Oktober 2016. Pelatihan diikuti oleh 380 tenaga ahli kabupaten yang menjalankan program pendampingan dan pemberdayaan desa Kementerian Desa.

Peserta berasal dari seluruh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Jogjakarta. Video Musdes Wlaharwetan memberikan gambaran atas penyelenggaraan musyawarah desa yang demokratis dan menunjung nilai inklusi sosial.

Hendi Subandi, salah satu pelatih asal Malang menilai Desa Wlaharwetan mampu menunjukkan proses perencanaan pembangunan yang baik. Problem keterwakilan dalam musyawarah desa dijawab dengan adanya musyawarah di tingkat kelompok dan wilayah.

“Amazing. Video keren. Saya terkesan dengan pelibatan kelompok-kelompok rentan dan marginal di Desa Wlaharwetan. Video itu mampu menginspirasi desa lain untuk melakukan praktik serupa,” ujarnya.

Praktik baik yang dilakukan Desa Wlaharwetan memberikan rasa optimisme atas pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Bila praktik serupa diduplikasi di desa-desa lainnya, maka kualitas demokrasi di Indonesia makin menawan.

“Saya berencana untuk menjadikan video ini menjadi media perkuliahan. Kampus tak perlu malu belajar ke desa,” lanjut staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya ini.

Desa Wlaharwetan merupakan generasi kedua dalam Gerakan Desa Membangun (GDM) yang memiliki reputasi cukup mengkilap. Kepemimpinan Dodiet Prasetyo sebagai kepala desa membawa perubahan besar pada desa di tepi Sungai Serayu itu.

admin

Admin Desa Membangun

3 Replies to “Video Musdes Wlaharwetan Jadi Bahan Ajar Pelatihan Pratugas Tenaga Ahli Kabupaten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *