Siapkan Prolegdes 2017, Desa Wlaharwetan Selenggarakan Pelatihan BPD

Untuk mendukung persiapan Program Legislatif Desa (Prolegdes) 2017, Desa Wlaharwetan menyelenggarakan Pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kamis (16/12). Pelatihan berlangsung di Ruang Aula Kantor Desa Wlaharwetan, Jalan Raya Wlaharwetan, Kalibagor, Banyumas.  Acara ini diikuti oleh semua anggota BPD Wlaharwetan dan perangkat desa.

Kepala Desa Wlaharwetan, Dodiet Prasetyo, dalam sambutan pembukaan mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk pengembangan kapasitas anggota dan kelembagaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Lahirnya, UU No 6 tahun 2014 tentang Desa mengharuskan pergeseran posisi BPD sebagai penyelenggara pemerintahan menjadi lembaga legislasif desa. Karena itu, kinerja BPD diukur dari peroduktivitasnya membuat Peraturan Desa (Perdes).

Pengentasan kemiskinan menjadi skala prioritas Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Wlaharwetan di 2017. BPD Walahwetan diharapkan memberikan payung hukum, agar Pemerintah Desa Wlaharwetan mampu menerjemahkan kebijakan itu dalam program kerja desa. Desa Wlaharwetan memiliki sejumlah program unggulan, seperti sistem pertanian terintegrasi, pengelolaan bank desa, pemasaran produk tani, maupun proyek padat karya.

Pelatihan ini juga mendapat sambutan baik dari seluruh anggota BPD Wlaharwetan. BPD Wlaharwetan segera merumuskan Prolegdes 2017 setelah penyelenggaraan Musyawarah Desa yang akan diselenggarakan pada akhir Desember ini.

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber sebagai pemantik diskusi. Ada Yossy Suparyo (Direktur Gedhe Foundation), Akhmad Fadli (Peneliti Desa), Kikis Kirwono (Ketua BKAD Kecamatan Kebasen), Mulyono (Pemerintah Kecamatan Kalibagor), dan Heri Siswoyo (Pengelola Bank Desa Wlaharwetan).

 

admin

Admin Desa Membangun

2 Replies to “Siapkan Prolegdes 2017, Desa Wlaharwetan Selenggarakan Pelatihan BPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *